Selasa, 12 Juli 2011

Teknologi Merusak Interaksi Sosial

Teknologi tidak selalu mempunyai dampak positif dalam kemajuan peradaban manusia tapi memiliki sisi negatif juga. Entah hal ini disadari atau tidak disadari, semakin hari orang sudah tidak butuh komunikasi langsung karena sudah bisa dijangkau dengan jarak jauh, kadangpun ketika dalam pertemuan langsung banyak orang-orang yang tidak berkomunikasi secara interaktif melainkan sibuk dengan peralatan komunikasi masing-masing, inilah yang disebut pergeseran budaya oleh teknologi yang mengakibatkan rusaknya interaksi sosial dalam masyarakat.

Dalam kehidupan sehari-haripun hal itu kadang juga seringku alami, dalam asyiknya pembicaraan kepada seorang teman tiba-tiba HP berbunyi dan pembicaraan terputus sampai kehilangan mood untuk bicara kembali alias ngambek. Tapi dilain waktu kitapun tidak dapat menghindarkan keadaan yang demikian, jadi kondisi yang seperti ini mau tidak mau harus kita terima, atau mungkinkah hal ini bisa dikatakan sebagai tuntutan modernisasi saat ini  !!!.

Pergeseran budaya itu telah melazimkan hal-hal yang selama ini tampak tabu. Dahulu ada beberapa adab yang begitu sangat dihormati contohnya ; untuk pembicaraan tertentu yang bernilai urgen rasanya kurang santun kalo harus diberitahukan lewat media penghubung, namun petuah itu kemudian tidak menjadi mashur lagi dalam kemajuan teknologi saat ini.

Dan pada akhirnya walaupun demikian, nyata kehidupan ini sangat dinamis dan mempersiapkan diri dengan segala kemungkinan yang ada adalah cara yang paling bijak.
  

 



cerita ini ungkapan kekesalan karena diperlukan kurang enak.. tp :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar