Kamis, 09 Juni 2011

Berkisah Dalam Perjalanan Penuh Makna...

Berawal mula dari tua yang senang bercerita tentang era perkasanya. Mereka kedua orang tua dari Ayah-Ibuku ( Kadri Naif (Alm)-Upik Sariha: Ayah dan Mukminin Yaw-Khadijah ; Ibu). Lembaran sejarah panjang yang telah mereka tapaki membuat bangga dan haru, melewati masa-masa senang dan duka hingga tua adalah nikmat yang paling berharga dari semua rangkaian cerita.

Saat itu kedua orang tuaku adalah pasangan muda yang baru bekerja ingin selalu menunjukan performa optimalnya sehingga banyak waktu kuhabiskan bersama tua-tuaku itu, masa-masa itu adalah jauh sebelum aku mengenal ideologi, norma, etika serta hal lain dibangku sekolah.

Kakenda Kadri Naif, menghabiskan masa tuanya dengan menekuni profesi sebagai pengrajin anyam-anyaman Rotan. Meskipun usaha mandiri, selalu memulai pekerjaan dengan tepat waktu. Pekerjaan dilakukan dengan duduk bersila sangat konsisten bak mereka yang berdiri mengikuti upacara Militer, ditemani secangkir kopi dari ladang sendiri yang dibuat oleh istri yang setia ; dia adalah Nenenda Upik Sariha yang nantinya memasarkan hasil kerajinan yang kakek buat. kedua-duanya memiliki karakter periang, disela-sela pekerjaan kakek selalu mendapat kunjungan orang-orang yang ingin menyaksikan langsung pembuatan anyaman tersebut tetapi tak sekalipun kulihat muka muram ditengah jenuhnya aktivitas itu, selalu dengan tawanya yang terbahak-bahak.

Kakenda Mukminin Yaw, mengisi masa tuanya sebagai peternak, penyadap Aren dan pembuat gula aren. Aktivitas berat yang dilakukan oleh manusia setuanya. Keberanian, ketekunan, semangat dan semuanya....cerminan sosok yang tak kenal renta itu. Lantunan lagu Jepang dan Belanda menggeram dari pita suara yang telah rusak menemani aktivitasnya. Sementara Nenenda Khadijah adalah wanita penyemangat dibalik semua aktivitas tadi, gayanya yang lembut, tatapan hangat selalu memberi kedamaian disekitarnya.

Tua-tuaku berkarya !!!
Tua-tuaku berkisah !!!
Tua-tuaku Aku Bangga !!!

Pesan dan Kesan kan abadi didalam hati.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar